Perbaikan kesalahan akuntansi

Akuntan menyiapkan saldo tes untuk memeriksa keakuratan akun. Jika total saldo debit tidak sesuai dengan total saldo kredit, itu adalah indikasi yang jelas bahwa kesalahan tertentu dibuat selama pencatatan transaksi dalam buku-buku dari pemesanan asli atau dari buku anak-anak. Adalah tugas kita untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan ini, baru kemudian kita harus terus menyiapkan akun akhir. Kita juga tahu bahwa semua jenis kesalahan tidak diungkapkan oleh keseimbangan pengujian karena beberapa kesalahan tidak mempengaruhi total keseimbangan pengujian. Oleh karena itu ini tidak dapat ditemukan menggunakan keseimbangan tes. Seorang akuntan harus menginvestasikan energinya untuk menemukan dan memperbaiki kedua jenis kesalahan sebelum akun perdagangan, laba rugi dan neraca disusun. Karena jika ini disiapkan untuk perbaikan, mereka tidak akan memberi kami hasil yang benar dan hasil dan kerugian yang telah mereka umumkan, ini bukan keuntungan atau kerugian aktual.

Semua kesalahan dalam prosedur akuntansi dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Kesalahan prinsip

Ketika transaksi diposting terhadap prinsip-prinsip akuntansi fundamental, ini adalah kesalahan mendasar. Misalnya, jika biaya pendapatan diperlakukan sebagai biaya modal atau sebaliknya.

2. Kesalahan administratif

Kesalahan ini dapat dibagi lagi sebagai berikut:

(i) Kesalahan kelalaian

Ketika suatu transaksi tidak dicatat secara keseluruhan atau sebagian dalam pembukuan, ini merupakan kesalahan ketika mengabaikannya. Mungkin berkaitan dengan kegagalan untuk memasukkan transaksi dalam buku-buku pemesanan asli atau berkaitan dengan kegagalan untuk memesan transaksi dari buku-buku pemesanan asli ke akun terkait di buku besar.

(ii) Kesalahan penyediaan [19659002] Ketika pemesanan didaftarkan secara salah, baik seluruhnya atau sebagian, pemesanan salah, perhitungan, pengecoran atau penyeimbangan. Beberapa kesalahan dalam komisi berdampak pada keseimbangan persidangan, sementara yang lain tidak. Kesalahan yang mempengaruhi keseimbangan tes dapat diungkapkan dengan menyusun keseimbangan tes.

(iii) Kesalahan kompensasi

Kadang-kadang kesalahan diseimbangkan dengan kesalahan lain sedemikian rupa sehingga tidak diwakili oleh keseimbangan pengujian. Kesalahan semacam itu disebut kesalahan kompensasi.

Dari sudut pandang memperbaiki kesalahan, mereka dapat dibagi menjadi dua kelompok:

(a) Kesalahan hanya mempengaruhi satu akun, dan

(b) Kesalahan yang memengaruhi dua atau lebih akun .

Kesalahan yang memengaruhi akun

Kesalahan yang dapat memengaruhi:

(a) Kesalahan casting;

(b) kesalahan penempatan;

19659002] (d) menyeimbangkan; dan

(e) penghilangan keseimbangan uji.

Kesalahan semacam itu pertama-tama harus ditemukan dan diperbaiki. Ini diperbaiki dengan entri jurnal atau dengan memberikan penjelasan di akun yang relevan.

Perbaikan

Kesalahan koreksi fase 19659002] Semua jenis kesalahan dalam akun dapat diperbaiki dalam dua fase:

(i) sebelum akun akhir dibuat;

Kesalahan yang diperbaiki selama periode akuntansi

Metode yang benar untuk memperbaiki kesalahan adalah meneruskan entri jurnal sehingga mengoreksi kesalahan yang telah dilakukan dan juga menanggapi entri yang seharusnya dibuat. Namun, meskipun kesalahan diperbaiki sebelum akun akhir dibuat, koreksi tidak dapat dilakukan dalam kasus-kasus tertentu dengan bantuan entri jurnal, karena kesalahan telah seperti itu. Biasanya, prosedur perbaikan, jika dilakukan, dilakukan sebelum akun akhir disiapkan:

(a) Koreksi kesalahan yang mempengaruhi satu sisi dari satu akun Kesalahan tersebut tidak cocok dengan saldo tes karena mereka hanya memiliki satu efek pada satu akun, sehingga mereka tidak dapat diperbaiki dengan bantuan entri jurnal, jika koreksi diperlukan sebelum akun akhir dibuat. Oleh karena itu jumlah yang diperlukan ditambahkan ke sisi debit atau kredit dari akun yang relevan, seperti halnya. Sebagai contoh:

(i) Buku penjualan di bawah pemeran Rs. 500 di bulan Januari. Kesalahan hanya ada di akun penjualan, untuk memperbaiki akun penjualan, kami harus memasukkannya di sisi kredit akun penjualan & # 39; buku penjualan untuk Januari Rs. 500 ". Saya & # 39; Penjelasan: karena buku penjualan ditempatkan di bawah Rs. 500, ini berarti bahwa semua akun kecuali akun penjualan benar, hanya saldo kredit dari akun penjualan kurang dengan Rs. 500. Jadi Rs. 500 dikreditkan dalam

(ii) Diskon yang diberikan kepada Marshall Rs. 50, tidak dipesan pada akun diskon. Ini berarti bahwa jumlah Rs. 50 yang seharusnya didebit pada akun diskon tidak didebit, sehingga sisi debit dari akun diskon dikurangi dengan sama Jumlah Kami sekarang harus mendebit Rs .50 di akun diskon, yang sebelumnya dihilangkan dan akun diskon akan dikoreksi.

(iil) Barang yang dijual ke X didebet secara salah di akun penjualan. Kesalahan hanya berkaitan dengan akun penjualan karena jumlah ke sisi kredit seharusnya ditempatkan secara salah di sisi debit dari akun yang sama. Untuk memperbaiki ini, kita harus menggandakan jumlah transaksi ke kredit edit sisi penjualan dari akun penjualan dengan menulis "Pada penjualan ke X yang telah didebet secara salah." [19659002] (iv) Kuantitas Rs. 500 dibayarkan kepada Y, tidak didebit ke akun pribadinya. Kesalahan ini ketika mengeksekusi akun pribadi hanya Y dan sisi debit kurang dengan Rs. 500 karena gagal memesan jumlah yang dibayarkan. Kami sekarang akan menulis di sisi debit. "Dalam bentuk tunai (tidak diposting) Rs. 500.

Koreksi kesalahan yang mempengaruhi dua sisi dari dua akun atau lebih

Karena kesalahan ini mempengaruhi dua atau lebih akun, koreksi kesalahan tersebut dilakukan jika dilakukan sebelum menyiapkan akun akhir sering dapat dilakukan dengan bantuan entri jurnal. Sementara kesalahan ini diperbaiki, jumlah tersebut didebit ke satu akun dengan jumlah yang sama dikreditkan ke akun lain.

kesalahan dalam periode akuntansi berikutnya

Seperti disebutkan sebelumnya, disarankan untuk mencari dan memperbaiki kesalahan sebelum menyiapkan akun akhir untuk tahun tersebut, tetapi dalam beberapa kasus, ketika auditor tidak dapat memperbaiki kesalahan setelah pencarian yang panjang. dan sedang terburu-buru untuk menyiapkan pernyataan akhir perusahaan untuk mengajukan pengembalian pajak penjualan atau pajak penghasilan, ia mentransfer jumlah perbedaan saldo uji coba ke akun suspense yang baru dibuka & # 39 ;. Dalam periode akuntansi berikut, kapan dan kapan kesalahan ditemukan, mereka diperbaiki dengan merujuk ke akun suspense. Ketika semua kesalahan ditemukan dan diperbaiki, akun suspense ditutup secara otomatis. Kita tidak boleh lupa di sini bahwa hanya kesalahan yang memengaruhi total saldo pengujian yang dapat diperbaiki dengan bantuan akun suspense. Kesalahan yang tidak memengaruhi keseimbangan uji tidak dapat diperbaiki dengan bantuan akun suspense. Misalnya, jika ditentukan bahwa total debit saldo percobaan kurang dari Rs. 500 karena akun Wilson belum didebitkan dengan Rs. 500, item perbaikan berikut harus dilewati.

Perbedaan Saldo Trial

Saldo Saldo hanya dipengaruhi oleh kesalahan yang diselesaikan menggunakan akun suspense. Tabel karenanya akan disusun untuk menghitung perbedaan dalam akun suspense. Jika akun suspense didebit dalam entri rektifikasi, jumlah tersebut ditempatkan di sisi debit tabel. Di sisi lain, jika akun suspense dikreditkan, jumlahnya ditempatkan di sisi kredit tabel. Akhirnya saldo dihitung dan ditransfer kembali ke akun suspense. Jika sisi kredit lebih besar, perbedaan ditempatkan pada sisi debit dari akun suspense. Dampak kesalahan pada akun akhir

1. Kesalahan yang memengaruhi akun untung dan rugi

Penting untuk dicatat apa dampak yang akan dan-atau akan terhadap laba bersih perusahaan. Suatu hal yang perlu diingat di sini adalah bahwa hanya akun yang ditransfer ke akun perdagangan dan laporan laba rugi pada saat akun akhir dibuat yang mempengaruhi laba bersih. Ini berarti bahwa hanya kesalahan dalam nominal dan akun barang yang memengaruhi laba bersih. Kesalahan dalam akun ini menambah atau mengurangi laba bersih.

Bagaimana kesalahan atau efek perbaikannya dapat menggunakan aturan urutan laba untuk memahami:

(i) Jika kesalahan akun nominal telah menerima laba, laba akan berkurang atau kerugian akan meningkat, dan ketika disesuaikan, keuntungan akan meningkat dan kerugian akan berkurang. Sebagai contoh, mesin telah dirombak untuk Rs. 10.000 tetapi jumlah yang didebit ke akun perbaikan mesin – kesalahan ini akan mengurangi laba. Saat mengoreksi pemesanan, jumlah pada akun perbaikan mesin ditransfer ke akun mesin dan meningkatkan keuntungan.

(il) Jika, karena kesalahan, jumlah tersebut dihilangkan dari penarikan di sisi debet dari akun nominal yang menyebabkan peningkatan keuntungan atau kerugian yang lebih sedikit. Koreksi kesalahan ini memiliki efek sebaliknya, yang berarti bahwa laba akan berkurang dan kerugian akan meningkat. Misalnya, uang sewa dibayarkan kepada pemiliknya, tetapi jumlahnya didebit dari akun pribadi pemiliknya – itu meningkatkan keuntungan jika sewa dikurangi. Ketika kesalahan diperbaiki, kami memasukkan jumlah yang diperlukan dalam akun sewa, yang meningkatkan biaya sewa dan mengurangi laba.

(iil) Keuntungan meningkat atau kerugian berkurang jika akun nominal salah dikreditkan. Dengan koreksi kesalahan ini, keuntungan akan berkurang dan kerugian bertambah. Misalnya, investasi telah dijual dan jumlahnya telah dikreditkan ke akun penjualan. Kesalahan ini meningkatkan laba (atau mengurangi kerugian) ketika kesalahan yang sama diperbaiki, jumlah tersebut ditransfer dari akun penjualan ke akun investasi, yang akan mengurangi penjualan, yang akan menghasilkan penurunan laba (atau peningkatan kerugian) ).

] (iv) Pengurangan atau kerugian laba akan meningkat jika akun dihilangkan dari entri di sisi kredit dari nominal atau akun komoditas. Ketika hal yang sama akan diatasi, ini akan meningkatkan laba atau mengurangi kerugian. Komisi yang diterima, misalnya, dihilangkan dari kredit pada akun komisi. Kesalahan ini menurunkan laba (atau menambah kerugian) karena penghasilan tidak dikreditkan dalam akun laba rugi. Memperbaiki kesalahan memiliki efek sebaliknya pada laba rugi karena pendapatan tambahan dikreditkan ke akun laba rugi, sehingga laba akan meningkat (atau kerugian akan berkurang). Jika laba rugi dipengaruhi oleh kesalahan, ini akan berdampak pada akun modal, juga karena laba dikreditkan dan kerugian didebitkan ke akun modal dan oleh karena itu modal juga akan naik atau turun. Karena modal diperlihatkan pada sisi kewajiban dari neraca, setiap kesalahan dalam akun nominal juga akan mempengaruhi neraca. Karena itu kita dapat menyatakan bahwa kesalahan dalam akun nominal atau akun barang memiliki pengaruh pada akun laba rugi dan pada neraca.

2. Kesalahan yang hanya mempengaruhi neraca

Jika kesalahan telah dilakukan dalam akun nyata atau pribadi, ini akan berdampak pada aset, kewajiban, debitur atau kreditor perusahaan dan karenanya akan berdampak pada neraca saja. karena barang-barang ini hanya ditampilkan di neraca dan neraca disusun setelah akun untung dan rugi disusun. Jadi jika ada kesalahan dalam akun tunai, rekening bank, aset atau akun kewajiban, ini hanya mempengaruhi neraca.



Source by Anil Kumar Gupta